Pengumuman Pemenang Lomba Foto JKMC

Hai sobat JKMC!

Terima kasih atas partisipasi sobat semua dalam lomba foto yang diselenggarakan JKMC pada bulan Agustus kemarin. Panitia mendapat banyak kiriman foto menarik. Bagaimanapun, karena tetap harus memilih 10 foto terbaik, berikut foto-foto yang terpilih. Selamat untuk para pemenang!


FOTO 1 – Kibarkan Merah Putih Setinggi-tingginya Selagi Kita Mampu

Karya: Paskalis Igo Dawan (@igodawan)
Lokasi: Puncak Buku Mademang, Batu topi, Kecamatan Pureman, Alor-NTT

Sebagai pemuda kita harus menjaga kedaulatan negara kita. lebih baik kita menjelajah alam kita mempunyai makna bagi diri kita sendiri dan bagi banyak orang dan bersama kita menjaga. Lebih baik kita memamerkan pesona alam kita dari pada kita memamerkan hal negatif yang tanpa kita sadari hal tersebut sudah menunjukan rasa tidak menghargai jasa para pahlawan kita yang dengan susah payah memerdekakan negara kita tetapi kita malah merusak kedaulatan kita. Kibarkan merah putih, tinggikan merah putih, jangan biarkan merah putih mu mengkerut dan terjatuh.


FOTO 2 – Tetap Belajar Meskipun dari Rumah

Karya: Hendrikus Yosep Ohoira (@hendrikohoira_)

Semangat belajar tak surut meskipun dilanda pandemi, karena belajar bisa di manapun dan kapanpun.

FOTO 3 – Berkibarlah Benderaku

Karya: Silvester Harsono (silves96)

Dalam masa pandemi dan keprihatinan dunia, kita sebagai warga Indonesia tetap harus mengibarkan bendera sang dwi warna dalam berbudaya dan bernegara.



FOTO 4 – Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Karya: Leni Lutfiati

Foto yang saya ambil ketika melakukan pemantauan di Madrasah ibtidaiyah. Para guru dan murid yang mematuhi protokol kesehatan, demi generasi penerus bangsa untuk tetap mendapatkan pendidikan di masa sulit.


FOTO 5 – Terang-Mu Menerangi Indonesia

Karya: Natasya Cicilia Suwuh (@natasyacicilias)

Terkadang yang bersinar tidak selalu indah dan terkadang yang kita inginkan tak harus kita perjuangkan. Bawa saja semuanya dalam doa. Doa sanggup merubah yang mustahil menjadi tidak mustahil.


FOTO 6 – Wonder Woman

Karya: Kenang Dwi Susiananto (@kenangdwi2)

Seorang wanita petani sayur membawa sendiri hasil kebunnya ke terminal agribisnis, Ngablak-Magelang


FOTO 7 – Tetap Cinta Indonesia

Karya: Samuel Rygar Galih Purwoko (@rygarsamuel)

Perayaan Hari Kemerdekaan RI tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada lagi lomba-lomba yang meriah di sekolah, di kampung bahkan kami tidak melaksanakan upacara bendera. Namun, Pagi itu; 17 Agustus 2020, kami sekeluarga tetap melaksanakan upacara bendera melalui streaming yang diadakan oleh istana negara. Rasa cinta dan bangga kami atas perjuangan para pahlawan menggugah kesadaran kami betapa kecil nilai yang kami lakukan ini dibandingkan jasa para pahlawan kita.

Namun sayang, ketika upacara selesai, saya hanya melihat beberapa warga yang keluar rumah untuk menghormat kepada Sang Merah Putih yang terpasang di depan rumah kami masing-masing. Disaat itu pula, adik saya yang duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar mengambil inisiatif mengajak salah satu temannya untuk mengambil bendera dan berlari keliling kampung sambil meneriakan “MERDEKA”. Momen ini langsung saya abadikan dan kebetulan ada lomba dari JKMC19 sehingga saya bisa ikut serta. Bukan untuk menang tapi untuk menunjukkan, masih ada insan Indonesia yang sangat mencintai tanah airnya meski di tengah pandemi ini.


FOTO 8 – Menyeberang Jalan

Karya: George Alexander Suwito (@george.alex8)

Sosok era pahlawan saat ini tidak perlu terjun untuk berperang.Cukup kita lakukan dengan hal-hal sederhana seperti membantu orang lain yang membutuhkan. Dalam hal ini saya sedang membantu seorang Ibu yang ingin menyebrang jalan


FOTO 9 – Semangat Belajar Walau Tak Diawasi

Karya: Mariati (@R1470974)

Para anak ini tetap disiplin belajar di masa pandemi ini walaupun tidak di hadapan guru mereka. Tugas-tugas tetap dikerjakan dari rumah walau komunikasi hanya dari telepon genggam.


FOTO 10 – Tetap Bekerja Dengan Memakai Masker

Karya: Estor Evan Meysen Hia (@estorevan)
Lokasi:
 Kapuk, Jakarta Barat

Seorang pekerja kasar rela menarik gerobak demi meraup sesuap nasi untuk mempertahankan hidup. Hal yang mengesankan bagi saya adalah orang ini rela tidak memakai sandal daripada tidak memakai masker. Hal ini membuktikan bahwa beliau memberikan perhatian yang besar terhadap protokol kesehatan di masa Pandemi ini. Ini salah satu teladan bagi kita semua bahwa kesehatan lebih benting dari yang lain. Sandal memang penting namun masker lebih penting lagi.

 

Semoga foto-foto ini dapat menginspirasi kita untuk lebih mencintai negeri dan bangsa kita, sambil tetap terus saling menjaga satu sama lain selama pandemi ini.

#BersamaLawanCorona