Kerja Sama JKMC, PMKRI Manado, dan Caritas PSE Keuskupan Manado

Aksi kepedulian nyata dilakukan oleh Relawan Jaringan Katolik Melawan Covid 19 ( JKMC19 ) Wilayah Manado bekerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Cab. Manado bersama Caritas PSE Keuskupan Manado. Kegiatan ini bertujuan untukmembantu Para Mahasiswa Katolik yang terkena dampak dari Covid – 19 di sekitar Kota Manado.

Penyaluran bantuan dipimpin langsung oleh ketua Presidium PMKRI Cabang Manado bersama jajaran anggota, di bawah pengawasan koordinator JKMC19 Wilayah Manado dan Caritas PSE Keuskupan Manado. Penyaluran ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut, dimulai dari hari Minggu 10 Mei malam sampai pada hari Selasa 12 Mei pagi tadi. Penyaluran bantuan memakan waktu karena banyaknya penerima (96 orang mahasiswa) dan sedikitnya pengurus PMKRI yang turun langsung agar sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tidak berkumpul lebih dari 5 orang.

Para penerima bantuan dianjurkan untuk hadir sesuai jam yang sudah ditentukan oleh pengurus di Margasiswa PMKRI Manado. Di sela-sela itu muncul beberapa tanggapan dari Pastor Joy Derry, Pr selaku ketua Caritas PSE Keuskupan Manado yang mengapresiasi kehadiran Relawan JKMC untuk bersama–sama turut membantu dalam penanganan pandemi Covid 19 ini.

Relawan sedang membungkus bantuan yang akan disalurkan.

Pastor Joy berharap agar JKMC 19 Wilayah Manado dapat membantu dalam penyaluran bantuan, lantas juga membantu melaporkan realisasi bantuan di setiap paroki melalui google forms, juga membantu Caritas PSE Manado dalam penyaluran bantuan dan meminta kesediaan dari relawan JKMC untuk mendata kembali umat–umat yang sudah menerima bantuan dan memonitoring agar bantuan yang disalurkan tidak tumpang tindih.

Selaras dengan itu, ketua Presidium PMKRI Manado, Rio Luntungan mengapresiasi kerjasama JKMC dan PMKRI Manado. Ia berharap agar dengan adanya kerjasama ini nilai– nilai kekatolikan dapat tertanam dalam diri relawan dan juga bisa menjadi berkat bagi orang lain serta menghasilkan hasil yang baik untuk gereja dan tanah air.

Bantuan disalurkan kepada mahasiswa yang membutuhkan.

Disamping itu koordinator JKMC non medis wilayah Manado Herman Tielung mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan dan kerjasama dari Caritas PSE Keuskupan Manado dan PMKRI manado dalam menanggulangi masalah covid 19 ini.

“Harapannya, semoga dengan kerjasama ini kita sama – sama dapat memerangi dan membantu masyarakat dalam menghadapi masalah yang menimpah negara kita bahkan dunia ini. Mari kita tetap saling koordinasi dan saling bahu-membahu satu dengan yang lainnya,” ajak Herman.

 

Artikel ini sudah terbit di https://jejakpublik.com/2020/05/13/jkmc-pmkri-dan-komisi-pse-keuskupan-manado-bersatu-bantu-mahasiswa-katolik/